Cara Mensingkronkan Timing Subtitle

Timing Subtitle ga pas?
Berikut ini saya akan sharing tentang cara re-timing pada subtitle yang belum pas timingnya jenis .SRT (SubRip) dengan akurasi 99% singkron!
Software yang dibutuhkan yaitu KotSub atau AlterSubtitle. Kedua subtitle editor tersebut sama fungsinya, tp pada KotSub tidak bisa menurangi, menambah timing pada milisecond/milidetik. langsung saja ke TKP biar saya tunjukkan bagaimana caranya.

Cara Menggunakan KotSub :

  1. Buka file film yang telah bersubtitle, tonton dulu filmnya sebentar, lalu perhatikan singkron tidaknya dengan subtitle dengan cara menyimak dialog dari film.
  2. Jika tidak singkron antara Subtitle dengan dialog di Film, catat 1 saja menit dan detik bagian dari yang tidak singkron itu, misal pada dialog 03.12 sedangkan subtitle nya baru muncul pada 03.15
  3. Buka KotSub, lalu buka file subtitle dengan menekan tombol "Buka" kemudian browse subtitle yang akan anda rubah timingnya.
  4. Masukan pilihan anda apakan akan merubah "Waktu Mulai", "Tambah", atau "Kurangi" lalu tentukan menit dan detik nya
  5. Jika sudah, tekan tombol "Proses" jika proses selesai maka terdapat dialog "Proses sukses bos."
  6. Lalu "Save"



KotSub


Cara Menggunakan AlterSubtitle :
Software Ini digunakan ketika subtitle masih belum singkon pada milisecond/milidetik

  1. Buka AlterSubtitle
  2. Klik pada "Open File" (di sudut kiri atas) lalu browse file subtitle nya.
  3. Pada bagian "Selisih Waktu (detik)" disebelahnya terlihat angka 0,000 yang berarti angka 0 pertama adalah detik dan 3 digit angka di belakang koma adalah milisecond/milidetik.
  4. Untuk memundurkan/mengurangi waktu tekan tanda panah kebawan setelah angka 0,000 tersebut buatlah menjadi minus misal -0,100 untuk memundurkan/mengurangi 100 milisecond/milidetik, sedangkan untuk memajukan/menambah tekan tanda panah keatas.
  5. Klik tombol "Process" lalu "Save As" atau "Save" hasil pekerjaan anda.
  6. Setelah proses diatas selesai, tes dengan memutar film seperti biasa, bila ternyata masih belum singkron ulangi cara diatas.



AlterSubtitle


Kotsub + AlterSubtitle bisa di download
mediafire
pass : crankymovie
ziddu

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar